6 Sparepart Yang Harus Rutin Diganti

5 Spare Part Kendaraan Mobil Yang Paling Sering Diganti

Setiap pemilik mobil akan memberi tahu Anda bahwa perawatan itu penting. Dengan merawat kendaraan Anda, Anda dapat meningkatkan masa pakainya secara dramatis. Ada beberapa suku cadang mobil yang harus ada di benak Anda selama perjalanan darat atau bahkan perjalanan harian Anda.

Untuk pemilik mobil sudah tentu harus menyiapkan anggaran untuk melakukan bagian suku cadang yang harus diganti bahkan rutin setiap bulan. Berikut enam komponen mobil yang paling rutin perlu  diganti :

1. Oli

Oli merupakan bagian dari suku cadang yang setiap bulan harus diganti, baik kendaraan roda dua ataupun roda empat. Karena Oli sangat mempunyai peranan penting untuk menjadi pelumas pada mesin kendaraan Anda. Dengan rajin mengganti Oli mesin pada kendaraan akan meminimalisir kerusakan pada mesin mobil Anda.

2. Busi

Beberapa pabrikan menyarankan agar Anda mengganti busi setiap tiga tahun agar kendaraan Anda tetap berjalan lancar. Mesin tidak beroperasi, mesin salah nyala, konsumsi bahan bakar tinggi, mesin bergelombang, atau kurangnya atau akselerasi semuanya menunjukkan bahwa sudah waktunya untuk busi baru.

3. Lampu Depan

Untuk melihat dengan benar dan mengemudi dengan aman di malam hari, Anda membutuhkan lampu depan yang berfungsi baik. Seiring dengan perubahan teknologi, pemilik telah melihat penurunan frekuensi penggantian suku cadang mobil yang terkait dengan lampu depan.

Itu karena lebih banyak produsen yang menggunakan teknologi LED, yang lebih tahan lama dari lampu tradisional. Tentu saja, biayanya lebih mahal, jadi ketika tiba waktunya untuk mengganti bohlam, Anda mungkin akan menghabiskan lebih banyak uang jika memiliki kendaraan yang lebih baru.

4. Ban

Bergantung pada merek ban Anda, Anda mungkin harus menggantinya setelah menempuh perjalanan sejauh 30.000 mil. Anda harus memeriksa tapak secara teratur untuk melihat tanda-tanda aus. Jika Anda menempatkan satu sen di antara tapak ban dan dapat melihat kepala Abraham Lincoln, berarti karetnya sudah terlalu aus.

Selain itu, jika Anda memiliki kendaraan baru dengan sistem pemantauan tekanan ban, pada akhirnya Anda perlu mengganti komponen ini. Seiring waktu, sensor akan aus. Sistem ini menawarkan manfaat yang signifikan, karena memperingatkan pengemudi saat tekanan terlalu rendah. Meskipun penggantian sistem ini menambah harga perawatan mobil, banyak yang memilih untuk membayar harga ekstra.

5. Rem

Rem merupakan komponen yang tidak kalah penting, Menghentikan kendaraan Anda akan berdampak buruk. Bantalan rem akhirnya aus dan harus diganti. Untuk menghindari timbulnya biaya tambahan, Anda harus mengganti pembalut Anda saat tanda pertama aus.

Ini bisa berupa suara berisik atau memperhatikan bahwa dibutuhkan lebih banyak tekanan atau waktu untuk berhenti total. Jika Anda menunggu terlalu lama, Anda tidak hanya harus mengganti bantalan, tetapi Anda juga harus mengganti rotor di bawahnya.

6. Aki

Teknologi baru membuatnya jadi Aki kendaraan Anda tidak perlu diganti setiap tiga tahun. Namun, meskipun Anda memiliki Aki lima, tujuh, atau sepuluh tahun, Anda harus memastikan Aki mendapatkan pengujian selama tune-up pemeliharaan tahunan Anda. Dengan memeriksanya setiap tahun, Anda dapat mengganti Aki sebelum mati, menghindari kerepotan menemukan mobil Anda mati pada suatu pagi.

Ada banyak suku cadang mobil berbeda yang pada akhirnya harus Anda ganti. Namun, keenam komponen ini adalah komponen yang paling umum dan perlu diganti lebih sering daripada komponen lainnya. Jika Anda melakukan perawatan rutin pada mobil Anda, itu akan bertahan selama bertahun-tahun. Semoga bermanfaat.

Tags: ,