Hubungan Komunikasi Kekasih Sehat

5 Tips Meningkatkan Hubungan Sehat Dengan Kekasih Agar Terhindar Dari Stres

Siapa yang tidak pernah memimpikan hubungan yang sehat dan bebas stres dengan orang yang mereka cintai? Sementara semua orang menginginkan hubungan sempurna yang penuh kebahagiaan, ada banyak hal yang bisa salah. Permainan kehidupan selalu memiliki beberapa rintangan tak terduga yang mengintai di setiap sudut dan stres tampaknya menjadi faktor utama yang berkontribusi pada hubungan yang rusak.

Ini adalah fakta kehidupan yang tidak ternoda bahwa setiap hubungan rentan terhadap banyak faktor luar yang dapat berkontribusi pada kesuksesannya – serta kehancurannya. Namun, banyak pasangan berhasil melewati rintangan yang dilemparkan kepada mereka dan mampu menjalani kehidupan yang sangat memuaskan. Satu hal yang pasti – apa pun yang layak diperjuangkan pasti akan membutuhkan banyak waktu dan upaya, serta ketekunan yang sehat.

Apa yang Menyebabkan Begitu Banyak Stres dalam Masyarakat Saat Ini?

Sebelum kita membahas cara menghilangkan stres yang dapat menantang bahkan hubungan terkuat, mari kita lihat beberapa penyebab stres yang cenderung merembes masuk.

Jadi, apa yang dapat dilakukan untuk menangani masalah seperti itu sebelum menjadi tidak terkendali? Hal pertama yang harus disadari adalah bahwa Anda berdua berada dalam hal ini bersama. Saat menghadapi rintangan bersama, alih-alih bertengkar dan memperebutkan masalah hidup, Anda harus menyadari bahwa sebenarnya inilah saatnya untuk lebih mencintai dan mendukung satu sama lain.

Bekerja bersama dapat membantu Anda menghasilkan solusi yang kreatif dan merangsang setiap kali keadaan menjadi sulit. Ini tentu bisa lebih produktif daripada terlibat dalam interaksi negatif yang sangat merugikan dan merusak.

Lima strategi berikut dapat menambahkan selimut perlindungan tambahan ke dalam hubungan Anda untuk mengurangi tingkat stres seminimal mungkin dan mempertahankan tingkat kewarasan yang sehat di sepanjang hubungan.

1. Berikan Pujian kepada Kekasih Anda

Salah satu cara tercepat untuk mencapai hubungan yang bahagia tanpa kecemasan dan stres adalah dengan mulai mengamati pencapaian pasangan Anda lebih jauh. Ya, cukup tidak pernah cukup! Biasakan untuk menjadi jauh lebih bersemangat tentang kesuksesan terkecil kekasih Anda – tentu saja, bersama dengan yang lebih besar. Mulailah dengan sarapan setiap pagi dan pertahankan daftarnya terus bertambah seiring berjalannya waktu.

2. Menghentikan Pemicunya

Meskipun penyebab stres yang dapat menjalar ke dalam hubungan yang disebutkan di atas hanyalah puncak gunung es, sering kali ada masalah yang mengakar lebih dalam yang telah diabaikan seiring waktu. Ini sering menjadi alasan mengapa hubungan menjadi tanpa seks dan tanpa gairah, dengan kedua pasangan tidak tahu apa-apa tentang alasan yang membuat mereka ada di tempat pertama.

3. Hindari Komunikasi Yang Menyinggung

Jika ada satu elemen dari setiap hubungan yang sehat dan bebas stres, itu adalah tingkat komunikasi yang superior. Banyak pasangan membuat kesan bahwa mereka sedang berkomunikasi, padahal sebenarnya mereka tidak secara aktif terlibat dalam apa yang coba diungkapkan pasangannya. Jenis komunikasi itu sia-sia seiring waktu dan dengan cepat menghasilkan penurunan keintiman yang mencolok.

Cara terbaik untuk menghindari masalah ini adalah meluangkan waktu untuk mendiskusikan berbagai hal bersama dengan pasangan Anda, dan membuat upaya aktif untuk menentukan bagaimana perasaan mereka sebenarnya. Ini akan membuat Anda berdua merasa lebih positif dan aman tentang hubungan tersebut, sehingga lebih mudah untuk menyelesaikan dan mengatasi potensi masalah yang dapat muncul.

4. Singkirkan Harapan yang Tidak Realistis

Banyak orang menjalin hubungan, sambil memendam harapan yang tidak realistis sejak awal. Seringkali mereka melukis pasangan baru mereka sebagai “kesatria berbaju zirah” sempurna yang melayani seluruh umat manusia demi kebaikan yang lebih besar. Belajar untuk mengelola ekspektasi seperti itu dari pasangan kita adalah kunci untuk menghindari kekecewaan yang pasti akan terjadi di suatu tempat.

Cobalah untuk melihat dunia dari perspektif yang lebih realistis: tidak ada manusia yang sepenuhnya sempurna. Kita semua memiliki kesalahan kita dan dengan menempatkan diri kita pada posisi manusia lain, kita akan mendekati realisasi seperti itu.

5. Singkirkan Perasaan Negatif

Pernahkah Anda mempertimbangkan untuk mengambil kursus manajemen stres yang dirancang untuk menghilangkan perasaan negatif yang mengganggu masyarakat modern, seperti kemarahan, kepahitan, ketakutan, kekhawatiran, depresi, dan kekecewaan? Perasaan seperti ini cenderung paling sering muncul selama pertengkaran yang bisa muncul kapan saja dalam hubungan.

Jika kecenderungan dan atribut ini terdengar seperti deskripsi yang bagus tentang Anda, jangan putus asa! Ada banyak kursus yang tersedia untuk membantu Anda menghapusnya dari kehidupan Anda sebelum mulai memengaruhi hubungan Anda.

Jangan pernah mengambil risiko kehilangan hubungan yang telah Anda ciptakan dengan kerja keras! Dengan pemeliharaan yang tepat, hubungan Anda tidak akan pernah mencapai “titik putus” kritisnya bahkan ketika dihadapkan dengan tekanan dan stres yang semakin meningkat karena alasan apa pun.

Dengan menerapkan lima strategi ini secara teratur ke dalam kehidupan sehari-hari Anda, Anda akan memperkuat kemampuan Anda untuk berkomunikasi satu sama lain secara lebih efektif, tanpa harus menyerah pada intoleransi, kelelahan, dan kebencian.

Tags: , ,