Tips Merawat Berlian

5 Tips Merawat Perhiasan Berlian Anda Agar Kembali Bersinar

Setelah beberapa saat, barang perhiasan bisa kehilangan kilauannya dan tampak jauh lebih kusam dari biasanya. Hal ini dapat terjadi bahkan pada barang mahal atau bahkan barang yang paling Anda sukai. Jadi perawatan perhiasan sangat wajib.

Tidak ada yang mau memakai perhiasan dengan kilauan pudar, jadi jika milik Anda telah melihat hari-hari yang lebih baik, inilah saat yang tepat untuk menghidupkan kembali pancaran aslinya.

Pergi ke toko perhiasan profesional untuk membersihkannya mungkin merupakan pilihan termudah, tetapi sejauh ini juga yang paling mahal. Juga, Anda harus menunggu beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu sebelum Anda akan mendapatkan kembali harta kecil Anda yang berharga.

Kabar baiknya adalah ada cara cepat dan sederhana untuk membuat perhiasan Anda bersinar bahkan tanpa meninggalkan kenyamanan rumah Anda sendiri. Anda dapat membersihkannya sendiri bahkan tanpa berinvestasi pada produk khusus dan mahal.

Hanya sedikit waktu yang Anda butuhkan untuk membuat perhiasan itu bagus dan siap bersinar seperti dulu. Adapun barang-barang lain yang diperlukan untuk perawatan perhiasan, kemungkinan besar Anda akan menemukannya di sekitar rumah sehingga biayanya serendah mungkin.

Berikut lima tips merawat perhiasan agar bisa semakin bersinar:

1. Bersihkan dengan Soda

Soda kue memiliki banyak kegunaan dan akan terbukti menjadi solusi praktis untuk pekerjaan ini juga. Sangat baik untuk menghilangkan noda yang tidak diinginkan yang bisa didapat perak. Siapkan saja pasta dengan menambahkan beberapa sendok makan air ke ΒΌ cangkir soda kue.

Maka yang perlu Anda lakukan adalah menggosok dengan lembut dan bilas. Kemudian keringkan dengan tisu bersih. Berhati-hatilah jika perhiasan menampilkan batu permata karena Anda tidak ingin melepaskannya dari pengaturannya.

2. Sikat Bagian yang Kusam

Pasta gigi sangat bagus untuk perawatan perhiasan dan dapat digunakan untuk semua jenis barang. Dapatkan sikat gigi dengan bulu sikat keras sedang dan Anda akan melihat bagaimana residunya segera hilang.

Ini juga berlaku untuk peralatan perak atau perhiasan yang mengandung semua jenis permata, termasuk batu buram seperti mutiara atau opal. Pastikan untuk menggunakan sikat gigi yang lebih lembut dan pasta gigi akan bekerja dengan baik.

Dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi putih sederhana. Partikel abrasif warna-warni mungkin masuk ke ruang kecil pada desain atau di bawah batu permata dan butuh waktu lebih lama untuk mengeluarkannya.

3. Bersihkan dengan Produk Rumah Tangga yang Lembut Seperti Pembersih Jendela

Ini berfungsi untuk benda atau potongan logam yang tidak mengandung batu permata halus. Hindari menggunakan metode ini untuk batu permata organik karena bahan-bahannya mungkin terlalu keras dan memicu perubahan warna.

4. Menggunakan Air Sabun

Campuran sabun dan air lama yang baik akan ideal bahkan untuk permukaan yang paling halus. Gunakan sabun lembut dan rendam perhiasan di air sabun.

Gosokkan sedikit menggunakan kain bersih dan semua bekas keringat atau kotoran akan hilang. Ingatlah untuk membiarkannya mengering dengan benar sebelum disimpan, terutama jika barang-barang itu termasuk batu permata.

5. Menggunakan Alkohol

Minuman beralkohol ini cocok untuk membersihkan perhiasan emas padat yang bebas dari batu permata. Tambahkan sedikit ke kain dan gosok. Pilih bir pucat emas tradisional (juga dikenal sebagai Pilsner) dan hindari bir putih gelap, bir warna-warni beraroma, atau apa pun karena dapat mengandung karamel atau pewarna buatan yang dapat meninggalkan noda.

Perawatan perhiasan itu sederhana. Gunakan pembersih mudah ini yang harganya hampir tidak ada karena beberapa tetes di antaranya bisa menghemat uang Anda dibandingkan dengan membersihkan di toko emas.

Tags: ,