Tips Melatih Kucing Liar

7 Tips Melatih Kucing Liar Agar Menjadi Jinak

Siapa yang tak tahu dengan hewan mamalia karnivora satu ini, hewan ini bernama kucing, ia sangatlah populer di dunia, hewan ini biasa di panggil dengan sebutan si manis. Kucing menjadi salah satu hewan yang sangat mudah untuk di pelihara karena tidak perlu mempunyai keterampilan khusus untuk memelihara nya.

Di dunia ini kucing mempunyai berbagai jenis atau ras yang beragam dengan bentuk yang lucu dan menggemaskan. Tak heran jika kucing banyak di gemari dan di pelihara oleh banyak orang.

Namun apakah kalian pernah memelihara kucing liar yang banyak terlantar di jalan? Pasti nya pernah bukan ? Untuk yang hobi memelihara kucing dan pencinta kucing.

Namun biasanya kucing liar yang di ambil di jalan untuk sengaja di pelihara akan bersikap galak dan menjauh, dan sangat berbeda dengan sifat kucing yang sudah menjadi hewan peliharaan.

Tak perlu khawatir dengan hal ini, kucing liar bisa dijinakan disaat kalian berniat untuk memeliharanya sebagai teman di rumah. Berikut ini ada beberapa cara untuk membantu kalian menjinakan kucing liar. Yaitu sebagai berikut:

1. Jaga jarak

Jaga jarak untuk sementara waktu, berilah waktu agar kucing mengenal keadaan serta beradaptasi terlebih dahulu dengan tempatnya yang baru. Setelah mulai tenang barulah kalian mendekatinya perlahan-lahan dengan kalimat yang lembut dan expresi wajah yang menyenangkan kan.

Cara mengetahui kucing sudah merasa tenang, berjalan lah perlahan disekitar kucing jika tidak bergumam tandanya ia sudah merasa nyaman dan sudah mengenali anda sebagai pemiliknya.

2. Pahami Sifat Dasar Kucing

Sifat tersebut dapat kalian lihat dari tingkah keseharian si kucing. Biasanya kucing akan merendahkan tubuh nya seperti sedang bersiap ingin bertengkar, hal ini menandakan si kucing dalam keadaan gelisah, stres dan tidak nyaman.

Tak heran juga akan terdengar suara bergumam seperti siap untuk bertempur. Dalam kondisi seperti ini sebaiknya jangan mendekati kucing untuk beberapa saat.

3. Beri Makan dan Minum

Cara selanjutnya adalah berikan ia makan dan minum. Berikan sedikit makanan di ujung sendok agar ia sengeja mendekat serta mengendus dan memakanya. Kemungkinan setelah itu kucing akan merasa lebih nyaman dan sudah mengenal pemiliknya lebih dekat.

4. Sentuh Dengan Perlahan

Setelah poin ke 3 berhasil dilakuakn, maka sudah bisa poin selanjutnya untuk di praktikan. Setelah kucing sudah merasa nyaman, barulah kalian bisa menyentuh tubuhnya.

Kucing yang sudah merasa nyaman akan bersikap biasa ketika kalian lewat atau mendekati nya, tidak menjaga jarak dan akan mengeluarkan suara yang manja. Seperti inilah kucing menandakan kenyamanan dan sudah mengetahui bahwa anda lah pemiliknya.

5. Berikan Nama

Berikan ia nama kesayangan seperti pus, si manis, si belang atau nama lainnya. Atau ucapkan kata-kata ini setiap kalian menyentuhnya. Hal ini membangun kedekatan anda terhadap hewan kesayangan anda.

6. Jangan Menakut-nakuti

Jangan menakut-nakuti dengan suara yang keras atau membentak dan juga Jangan pernah menakut-nakuti dengan menggunakan sapu. Sikap ini semakin membuat kucing menjauh dari kalian bahkan bisa melukai kalian dengan cakaran atau gigitanya.

Serta jangan pula beradu pandang dengan menatap matanya dalam jangka waktu yang lama. Hal ini bagi kucing sebagai tindakan yang agresif. Dan bagi kucing bisa diartikan sebagai menantang untuk bertengkar. Ini akan membuatnya semakin menjauh.

7. HindariĀ  Memainkan Ekor

Jangan pernah kalian menyentuh ekornya jika kalian belum mengenalnya. Bagian ekor kucing adalah bagian tubuh yang paling sensitif . Ia bisa marah seketika jika kalian menyentuh, menekan atau menarik ekornya, perbuatan ini akan membuat ia merasa kesakitan dan akan semakin menjauhi kalian.

Setelah 7 cara diatas sudah di praktekan dapat di pastikan kucing akan semakin dekat dengan kalian. Setelah itu kalian bisa leluasa bermain dengan nya. Kucing termasuk hewan yang senang bergerak dan aktif maka dari itu ajaklah bermain dengan membelikan bola yang bisa bergerak, kalian bisa melempar kan bola tersebut kepadanya.

Biasanya kucing yang sudah berinteraksi dengan kalian akan semakin dekat dan tentunya sudah bisa di sebut jinak. Demikian lah artikel mengenai cara menjinakkan kucing liar. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Tags: ,