Jika Gejala Gerd Menyerang, Segera Atasi dengan Cara Ini!

Normalnya asam lambung akan diproduksi oleh tubuh untuk membantu proses pencernaan, hal ini akan terjadi selepas Anda makan. Namun ada beberapa kondisi ketika asam lambung tersebut diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang berlebih.

Sehingga bukannya bagus, justru hal ini akan memicu beragam jenis masalah kesehatan, tak jarang juga diantaranya yang bisa berdampak serius jika tak segera ditangani. Produksi asam lambung berlebih ini dapat menyebabkan katup antara kerongkongan dan juga lambung melemah, kondisi ini dikenal juga sebagai gerd.

Gejala gerd ini akan membuat penderitanya mengalami rasa nyeri di bagian ulu hati, rasa panas seperti terbakar setelah makan, bahkan juga mual dan juga muntah. Penyakit asam lambung ini jika dibiarkan umumnya akan membuat penderitanya berkurang nafsu makan, semakin lama akan menyebabkan mereka kesulitan dalam menjalani aktivitas. Bahkan tak menutup kemungkinan akan mengalami resiko komplikasi dengan kondisi kesehatan yang lebih serius lainnya. Untuk itulah maka patut bagi Anda untuk mewaspadainya.

Jika seandainya sudah mulai merasakan gejala gerd, maka alangkah baiknya segera dilakukan pengobatan, ada beberapa langkah mudah dan alami yang dapat membantu untuk menurunkan asam lambung tersebut, diantaranya adalah:

 

  1. Mengonsumsi jahe, jahe ini sudah dikenal sejak dulu sebagai herbal yang kaya akan manfaat untuk pengobatan. Termasuk diantaranya adalah meringankan gejala gerd yaitu rasa nyeri pada bagian ulu hati. Bahkan tanaman herbal yang satu ini juga mampu untuk mengatasi gangguan pencernaan yang lainnya, termasuk perut kembung dan juga rasa mual. Cara menggunakannya sendiri juga terbilang mudah, yaitu cukup dengan menyeduhnya menggunakan air hangat, ditambahkan dengan madu untuk mendapatkan rasa manis.
  2. Akar manis, licorice adalah bahan yang kaya akan kandungan antioksidan, jumlah senyawa antioksidan yang cukup tinggi didalamnya tersebut sangatlah bagus untuk mencegah terjadinya peradangan, sehingga dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi, termasuk diantaranya adalah luka pada bagian lambung maupun kerongkongan yang dipicu oleh peningkatan asam lambung tersebut.
  3. Akar marshmallow, bahan yang satu ini mengandung suatu zat yang mampu untuk meredakan batuk, menyembuhkan luka yang terjadi pada lambung maupun kerongkongan, juga dapat mengatasi terjadinya infeksi bakteri. Jadi nantinya akan memperkuat dinding lambung Anda. Sehingga tidak akan mudah terluka ketika terkena zat asam. Bahkan beberapa jenis gangguan pencernaan lain seperti diantaranya adalah diare, konstipasi sampai dengan peradangan pada lapisan lambung juga dapat diatasi menggunakan bahan herbal yang satu ini.
  4. Teh chamomile, teh yang satu ini memiliki aroma wangi yang khas dan menenangkan, itulah mengapa banyak yang kerap kali menggunakannya untuk pengobatan. Termasuk diantaranya juga ampuh dipakai untuk mengobati penyakit asam lambung atau gerd ini. Cara pakainya sendiri juga sangatlah mudah, yaitu cukup diseduh dengan menggunakan air hangat, bisa ditambahkan dengan madu jika ingin rasa yang manis.

 

Namun selain dengan menggunakan bahan-bahan alami di atas untuk mengatasi gejala gerd maka Anda juga dapat memilih alternatif yang lebih praktisnya, yaitu dengan mengonsumsi obat-obatan yang banyak dijual di pasaran. Biasanya hanya dalam hitungan menit saja nantinya asam lambung akan turun. Penyakit yang satu ini pada dasarnya memang rentan untuk dialami oleh siapa saja, tak hanya orang dewasa, melainkan juga anak-anak. untuk itu patut diwaspadai, jika memang sudah mulai dirasakan gejala atau tanda-tandanya, jangan ditunda lagi untuk berobat.

Tags: ,