Kendala Berbicara Depan Umum

Kendala Yang Sering Terjadi Saat Berbicara Didepan Umum

Berbicara di depan umum atau biasa kita kenal dengan public speaking, sering dianggap sebagai salah satu tugas yang paling menakutkan baik bagi anak-anak, orang dewasa bahkan bagi seorang profesional yang sudah berpengalaman.

Meskipun anda sering memberikan presentasi di tempat kerja, sekolah atau acara, Anda mungkin masih merasakan ketakutan berdiri di depan audiens Ini adalah ketakutan paling signifikan di antara banyak orang, bahkan lebih besar daripada rasa takut akan kematian.

Banyak orang takut berbicara di depan umum karena mereka merasa di hakimi,di teliti bahkan merasa sedang di permalukan. kondisi ini sering di sebut demam panggung.

Yang harus Anda ketahui adalah bahwa sebagian besar kecemasan yang terkait dengan berbicara di depan umum dapat dikurangi Dengan cara teknik mengontrol pernapasan, membangun kepercayaan diri dan mengendalikan gejala stres.

Hal inijuga harus lebih diperhatikan kendala yang paling umum ditemui sebagai berikut:

1. Kurangnya kepercayaan

Jika Anda kurang percaya diri, Anda akan mengasingkan para audiens, karena kegugupan disertai dengan isyarat visual dan vokal yang negatif, yang mudah ditangkap oleh audiens. Dengan kata lain, orang lebih cenderung berfokus pada sisi buruk Anda.

Cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan mempersiapkan dengan sempurna presentasi Anda dan menginvestasikan waktu dalam latihan dan persiapan. Dengan begitu Anda akan memiliki rasa kontrol dan mengalahkan kecemasan. Itu juga akan memengaruhi audiens dan membuat mereka percaya pada pesan yang anda sampaikan.

2. Kurangnya perhatian anda kepada Audiens

Jika Anda tidak mengenal audiens dan tidak memperhatikan mereka, presentasi tidak akan berhasil. Anda sebaiknya meneliti budaya, nilai-nilai tradisi, usia, dan tingkat pengetahuan sebelum masuk ke tempat yang anda datangi sebelum anda menyampaikan pidato.

Semua pengetahuan itu akan membantu Anda mendapatkan konten yang tepat untuk mereka. Jangan menghindari kontak mata dan cobalah membaca ekspresinya. Serta Cobalah untuk menarik perhatian mereka dengan menambahkan sedikit humor pada presentasi Anda.

3. Terorganisasi

Mengatur dan menyiapkan materi presentasi Anda adalah salah satu tugas paling penting. Anda harus memikirkan tentang audiens dan meneliti topik yang menarik dari sumber informasi yang akan di presentasikan.

Buatlah kata pengantar yang menarik perhatian dan buat cara untuk menyajikan setiap poin dengan menarik. Pastikan untuk menyimpulkan dengan kesimpulan yang tepat dan langsung ke topik utama. Jangan berbicara dengan cepat kecuali jika Anda ahli dalam improvisasi.

4. Berlatih berbicara

Sebelum Anda menyampaikan pidato, Anda harus berlatih dengan seksama. Ucapkan kata-kata yang akan di utarakan pada saat presentasi karena itu akan memberi Anda petunjuk yang jelas tentang apa yang harus diperbaiki dan apa yang Anda lakukan salah.

Pikirkan suara dan intonasi Anda, cobalah untuk memproyeksikan antusiasme. Rekam diri Anda selama proses latihan sehingga Anda dapat menangkap gangguan yang jika tidak akan mengganggu ucapan Anda. Latihan juga berkontribusi pada penghafalan dengan isi materi.

5. Manajemen waktu

Seringkali pidato terbukti sedikit pendek atau terlalu lama. Secara umum, Anda harus bersiap untuk memberikan pidato 8 menit dalam jangka waktu 10 menit sehingga Anda tidak terlalu lama dalam penyampaian pidato.

Yang harus Anda pelajari pada saat anda akan melakukan penyampaian presntase kepada banyak Audiens hanya dengan mengikuti penyampaian di atas, Anda akan mendapatkan menyampaikan pidato yang luar biasa.

Tags: ,