Jaket Motor

Kiat Cermat Rawat Jaket Motor Berdasarkan Bahannya

Motor merupakan salah satu alat transportasi yang sering dipergunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berpergian dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Namun, agar aman ketika mengendarai motor, Anda harus menggunakan perlengkapan yang mampu melindungi tubuh Anda mulai dari sepatu, helm hingga jaket.

Penggunaan jaket motor selain dapat melindungi dari sinar matahari dapat juga dipergunakan untuk melindungi tubuh dari angin terutama angin malam yang dapat menyebabkan penyakit seperti masuk angin.

Nilon

Agar jaket yang Anda pergunakan untuk naik motor tetap awet dan tahan lama terdapat beberapa tips yang dapat membantu Anda. Jika bahan dari jaket Anda adalah nilon, perawatannya hanya dengan mencucinya langsung dengan menggunakan tangan. Hindari pencucian jaket dengan menggunakan mesin cuci.

Agar jaket touring yang terbuat dari nilon tidak rusak, ketika mencuci dengan tangan, usahakan jangan menggunakan sikat cuci, atau kalau terpaksa, Anda dapat menyikatnya dengan perlahan dan hindari menyikat terlalu keras karena dapat merusak serat dan menjadikan jaket berbulu.

Kulit dan Semi Kulit

Bahan jaket motor yang sering dipergunakan adalah jenis bahan kulit. Jaket kulit biasanya lebih awet dan dapat melindungi tubuh dari angin namun, untuk perawatannya harus Anda perhatikan dengan baik karena jika salah dalam melakukan perawatan, jaket akan menjadi cepat rusak dan mengelupas.

Perawatan jaket kulit dapat Andai lakukan dengan cara mengelapnya dengan menggunakan kain dan jika basah, cukup Anda angin-anginkan. Untuk bahan semi kulit, tidak jauh berbeda dengan bahan kulit.

Anda dapat mencelupnya saja atau dengan mengelap. Hindari pencucian dengan menggunakan bahan kimia misalnya yang ada di deterjen baik untuk bahan kulit atau semi kulit.

Condura

Jaket untuk menaiki motor yang terbuat dari bahan condura memiliki cara perawatan dari jaket dengan bahan gorotex. Jaket jenis ini lebih awet dan tahan terhadap goresan serta mempunyai hard protector yang ada di siku sehingga Anda jangan mencucinya dengan menggunakan mesin cuci karena hal tersebut dapat menyebabkan jahitan yang ada di bagian hard protector jaket menjadi lepas. Anda cukup menyikatnya di bagian yang kotor ketika mencucinya dengan tangan.

Katun dan Gorotex

Cara perawatan untuk jaket motor yang terbuat dari katun serta gorotex yaitu:

• Jenis katun yang digunakan untuk jaket terbagi menjadi 2 yaitu katun tipis dan katun tebal. Jenis jaket untuk mengendarai motor ini paling mudah perawatannya karena Anda dapat mencucinya dengan menggunakan mesin cuci atau dengan menggunakan tangan. Namun yang perlu diperhatikan, hindari menyikat dengan keras agar jaket tidak berbulu.

• Bahan gorotex sering digunakan untuk jaket touring dan untuk jaket gorotex berkualitas baik Anda cukup mengucek di bagian yang kotor saja dan hindari menyikat dengan keras agar serat tidak rusak.

Tags: ,