Mainan anak yang aman

Mainan Anak Bisa Pengaruhi Fisik dan Jiwanya, Berikut Ulasannya!

Bermain tentu identik untuk masa anak-anak. Memang masa anak-anak adalah masa dimana tidak bisa dilepaskan dari segala keceriaan, bahagia serta hidup tanpa beban. Masa anak-anak juga merupakan masa yang tepat untuk memberikan banyak pengajaran pada si kecil karena di masa ini anak-anak lebih mudah dalam mengingat.

Belajar bukan selalu identik dengan hal membosankan, namun bisa juga dengan menggunakan mainan anak yang mengedukasi sehingga selain bermain, anak juga bisa mendapatkan manfaat.

Sebagai orang tua, Anda perlu tahu jika bermain merupakan aktivitas yang bisa memberi kesenangan pada si kecil. Dengan hati yang senang, anak akan mampu tumbuh dengan jiwa yang baik dan sehat. Untuk itu ungkapan yang menyatakan jika anak banyak bermain menjadikannya bodoh dan malas adalah tidak sepenuhnya benar karena hal ini juga berhubungan dengan bagaimana orang tua mampu mendidik anak ketika dirinya bermain.

Mainan anak yang sesuai bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor:

  • Kesehatan – bagaimana mungkin mainan bisa memberikan pengaruh pada kesehatan? Apakah pernyataan ini sempat terlintas dibenak Anda? Ya, mainan bisa berpengaruh pada kesehatan karena anak yang banyak bermain cenderung aktif dan memiliki jiwa yang bahagia sehingga dirinya selalu senang dan banyak bergerak.
  • Intelegensi – dibanding anak yang intelegensinya standar, anak cerdas cenderung terlihat ketika bermain dirinya akan lebih aktif. Dengan memberikan mainan yang mengedukasi, maka anak juga bisa mendapat manfaat untuk meningkatkan intelegensinya.
  • Jenis Kelamin – jenis mainan untuk anak laki-laki dan anak perempuan pastinya berbeda. Untuk anak perempuan cenderung suka bermain sesuatu yang tenang sedangkan anak laki-laki lebih permainan aktif dan banyak bergerak.
  • Lingkungan – jika lingkungan anak kurang mendukung dalam penyediaan sarana bermain, maka umumnya anak juga akan berkurang aktivitasnya dan menjadikannya lebih pendiam.
  • Sosial Ekonomi – keberadaan mainan bagi keluarga mampu tentu bisa dipenuhi dan berbeda jika dari kalangan yang kurang mampu atau biasa.

Beberapa faktor itulah yang kerap jadi pemicu bagaimana kreativitas anak bisa muncul. Untuk itu, orang tua penting sekali untuk mampu memberikan mainan yang bisa mengedukasi anak. Mainan yang mengedukasi adalah mainan yang bisa menstimulasi kreativitas, perkembangan fisik, kognitif dan intelejensi pada anak semakin maksimal. Dengan memberikan mainan edukasi ke anak, maka anak akan mendapatkan banyak sekali manfaat seperti:

  • Permainan haruslah sesuai dengan umur si kecil sehingga bisa memberi pelatihan dalam gerakan fisik serta otot anak sehingga dirinya bisa semakin aktif bergerak dan memiliki tubuh bugar.
  • Permainan juga harus mampu menunjang syaraf motoriknya misalnya gerakan kaki, tangan, mata hingga anggota tubuh yang lainnya.
  • Beberapa permainan juga terkadang tidak hanya bisa dimainkan sendiri melainkan bisa dimainkan ketika ada teman lain. Permainan seperti ini akan mampu memberikannya rasa percaya diri untuk bersaing dan bisa bersosialisasi dengan sekitarnya.
  • Dengan memainkan mainan edukasi, maka anak akan mampu mengembangkan diri dan mentalnya sehingga daya imajinasinya semakin tinggi.
  • Dengan bermain, anak akan bisa mengurangi rasa stres yang dialaminya karena beragam hal yang terkadang tidak dimengerti oleh orang tuanya.

Itulah beberapa manfaat memberikan mainan anak yang mengedukasi. Anda harus menyesuaikan mainan dengan umur anak sehingga Ia bisa memainkannya dengan baik dan mainan bisa bermanfaat. Untuk mendapatkan mainan edukasi anak pun mudah karena Anda bisa membelinya di toko mainan di sekitaran atau bahkan situs belanja online di dunia maya.

Tags: , ,