Suspensi Per mobil

Mengulas Berbagai Jenis Suspensi Per Mobil Beserta Fungsinya

Halo para pecinta otomotif dimanapun berada semoga kita semua diberikan kesehatan ya gaes, kembali lagi dengan saya yang akan mengulas seputar spare part yang ada pada kendaraan mobil. Memiliki kendaraan mobil yang sehat dan nyaman merupakan keinginan bagi kebanyakan orang pasalnya dengan memiliki kendaraan yang tidak memiliki kendala tentu akan memberikan keamanan dan kenyamanan saat mengendarainya. Oleh karenanya untuk menciptakan mobil dalam keadaan baik diperlukan servis secara berkala sehingga ketika ada masalah pada mobil tersebut bisa diatasi dengan baik.

Nah pada kesempatan kali ini saya mengulas tentang beberapa jenis suspensi per kendaraan mobil. Oleh karenanya bagi para pemilik mobil yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai suspensi per mobil simak terus ulasan di bawah ini.

Suspensi per merupakan salah satu dari banyaknya komponen kendaraan mobil yang memiliki peranan penting untuk memberikan kenyamanan saat berkendara khususnya untuk medan yang tidak rata atau bebatuan. Cara kerja dari suspensi ini yakni untuk menahan getaran ketika melewati jalanan yang tidak rata atau polisi tidur sehingga getarannya tidak akan terlalu berasa dan saat berada di dalam mobil akan terasa nyaman dari goncangan.

Secara umum terdapat tiga jenis suspensi per mobil yang banyak digunakan pada kendaraan mobil salah satunya adalah suspensi independen, dependent, hingga semi independent. Dari ketiga jenis suspensi tersebut tentu memiliki cara kerja yang berbeda sesuai dengan peruntukannya. Oleh karena untuk mengetahui fungsi dari ketiga jenis suspensi ini, baca terus sampai selesai.

  1. Suspensi Independen

Suspensi independen merupakan jenis suspensi yang memiliki cara kerja roda kanan dan kiri dapat dihubungkan dengan penghubung yang dapat digeser sehingga dapat memberikan kestabilan dalam berkendara ketika melewati jalan yang tidak rata. Sistem dari suspensi jenis ini dapat memberikan pergeseran sedikit untuk penghubungnya.

  1. Suspensi Dependent (Rigid)

Jenis suspensi ini merupakan jenis yang memiliki sistem yang mana roda kiri dan kanan menjadi satu garis sehingga akan menjadi kaku.

  1. Suspensi Semi independent

Selanjutnya untuk jenis suspensi independen yang mana penggabungan dari kedua sistem diatas menjadi satu sehingga bisa dikatakan suspensi semi independen merupakan penggabungan antara suspensi independent dan suspensi rigid.

Jadi itulah 3 jenis suspensi pada kendaraan mobil yang umum digunakan untuk kendaraan mobil seperti avanza. Dalam dunia otomotif juga pastinya sudah familiar dengan jenis-jenis suspensi lain seperti Suspensi Marpercon, Suspensi Double Wishbone, Suspensi Rigid, Suspensi multilink, hingga Suspensi Torsion beam.

Dari beberapa komponen di atas memiliki kekuatan elastis yang membuat roda tidak terpengaruh ketika terjadinya getaran pada kendaraan mobil. Bahan yang digunakan dari alat ini yakni berbahan dari baja sehingga elastisitas pada suspensi ini dapat meredam getaran yang diakibatkan dari permukaan jalan yang tidak rata atau bergelomabng sehingga akan memberikan kenyamanan saat berada di dalam mobil.

Nah sudah bisa dipahami kan ya beberapa jenis suspensi kendaraan mobil yang banyak digunakan beserta dengan fungsinya. Saat ini sudah banyak tersedia berbagai jenis suspensi di pasaran dan tentunya bisa kamu cari sesuai dengan kebutuhan.

Jika para pecinta otomotif ingin mencari suspensi kendaraan mobil, kamu bisa mencarinya di toko spare part yang berada di kota Anda, atau juga bisa mencarinya secara online yang ada di berbagai marketplace indonesia.

Demikianlah informasi singkat dari seputaran dunia otomotif tentang komponen suspensi per mobil. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan memberikan pencerahan tentang fungsi dn jenis suspensi per mobil.

Tags: , ,