Berbicara secara efektif

Pentingnnya Berbicara Secara Efektif Untuk Menyampaikan Pesan Anda

Apakah Anda tahu bagaimana Anda terdengar bagi orang lain? Rekamlah diri Anda berbicara dalam keadaan yang berbeda untuk mempelajari bagaimana Anda dapat berbicara dengan lebih efektif. Dengarkan apa yang Anda katakan, dan bagaimana Anda mengatakannya.

Saat Anda gugup, stres, atau bersemangat, suara Anda mungkin naik tinggi dan melengking. Jika Anda menyadari diri Anda melakukan ini, tarik napas dalam-dalam dan rileks.

Apakah Anda berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat? Orang-orang mendengarkan dengan kecepatan tertentu. Jika Anda berbicara lebih cepat atau lebih lambat daripada mereka mendengarkan, mereka juga tidak akan menyimpan pesan Anda.

Pengisi, seperti, Anda tahu, menyebalkan. Ketika Anda mendengar diri Anda menggunakan gumaman em, um, seperti, Anda tahu, dan pengisi serupa lainnya, biasanya itu macet karena mulut Anda berada di depan otak Anda. Perlambat dan berkonsentrasilah pada apa yang Anda katakan.

Buat pernyataan yang kuat?

Anda akan terdengar tidak yakin dan kurang kredibilitas jika suara Anda “naik” di akhir kalimat. Untuk memahami maksud saya, ajukan pertanyaan dengan lantang. Apakah Anda mendengar bagaimana suara Anda “naik” di akhir, untuk mengantisipasi jawaban? Sekarang, katakan, “Saya seorang pembicara yang hebat.” Apakah itu juga terdengar seperti pertanyaan? Jika demikian, berusahalah untuk memperkuat pidato Anda.

Ucapan yang kasar bukan berarti ucapan yang vulgar. Jika Anda sering membumbui ucapan Anda dengan kata-kata kotor, bersihkan. Tidak ada yang akan tersinggung jika Anda tidak bersumpah, tetapi banyak yang akan tersinggung jika Anda melakukannya. Apakah Anda mengganggu orang lain? Tenang dan biarkan mereka berbicara. Dengarkan mereka baik-baik, jangan hanya menunggu mereka menarik napas agar Anda bisa langsung bergabung.

Atur volume Anda.

Jika Anda berbicara terlalu pelan, orang lain akan sulit mendengar Anda. Jika Anda berbicara terlalu keras, itu bisa membuat Anda terguncang.

Lihatlah orang-orang saat Anda berbicara dengan mereka. Itu sopan, dan memudahkan mereka untuk mendengarkan Anda. Ini sangat penting terutama bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran, tetapi akan membantu semua orang untuk lebih memahami Anda.

Perhatikan isyarat verbal untuk melihat apakah pesan Anda berhasil disampaikan. Apakah orang tersebut mengangguk, atau apakah mereka terlihat bingung? Apakah mereka gelisah atau melihat melewati Anda? Itu bisa menjadi tanda bahwa mereka tidak mendapatkannya atau tidak tertarik.

Ingatlah bahwa sebagian besar pesan Anda disampaikan secara non-verbal. Postur tubuh, ekspresi wajah, gerak tubuh, bahkan cara Anda berpakaian, semuanya memengaruhi cara pesan Anda diterima dan ditafsirkan. Semoga Bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi para pembaca sampai jumpa di Artikel selanjutnya terimakasih.

Tags: