Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil: Tips Agar Pengajuan Pinjaman di Bank Bisa Disetujui

Mencari pinjaman dana terkadang menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari. Terutama ketika terdesak kebutuhan dana, namun tidak memiliki cukup tabungan untuk mengcovernya. Untuk mendapatkan dana pinjaman, banyak sekali tempat yang bisa dituju, mulai dari koperasi, bank, hingga pinjaman online. Jika Anda ragu untuk meminjam dana secara online lantaran khawatir akan mengalami penipuan, maka meminjam dana secara konvensional dari bank juga tidaklah mengapa. Terlebih jika pertimbangan Anda adalah mencari pinjaman uang yang bisa dicicil secara bulanan. Mengingat rata-rata pinjaman online pembayaran cicilannya secara harian.

Pinjaman online memang terbilang sangat diminati lantaran proses yang cepat dan mudah. Namun jika mempertimbangkan bunga yang ringan dan sudah terjamin aman, maka meminjam dana dari bank merupakan pilihan terbaik. Untuk meminjam dana dari bank sebenarnya juga tidak begitu sulit. Bahkan jika Anda sudah mengetahui trik-triknya, pengajuan pinjaman dana Anda akan dengan mudah disetujui. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar pengajuan pinjaman di bank bisa disetujui, yaitu:

  • Pastikan skor kredit Anda bagus.

Saat Anda berencana mengajukan pinjaman di bank, hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mencari tahu skor kredit atau riwayat kredit Anda. Skor kredit adalah riwayat semua pinjaman yang pernah Anda lakukan, seperti ketika melakukan kredit kendaraan bermotor, kredit di bank lain, pinjaman online, hutang kartu kredit, dll. Kelancaran dalam membayar hutang menjadi penentu skor kredit Anda. Jika Anda sering tidak disiplin membayar hutang, maka skor kredit beresiko memburuk.

  • Lakukan perbandingan untuk pinjaman KTA ataupun kredit beragunan dari berbagai bank.

Bank biasanya menawarkan dua jenis produk pinjaman, yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan pinjaman beragunan. Agar bisa mendapatkan produk pinjaman yang terbaik, entah itu KTA atau pinjaman beragunan, maka sebaiknya bandingkan dengan produk dari bank yang lain. Terutama untuk perhitungan bunga dan biaya-biaya lain yang dikenakan.

  • Penuhi persyaratan yang diminta oleh pihak bank.

Jika sudah menemukan produk pinjaman yang pas dengan kebutuhan Anda, maka selanjutnya penuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku di bank yang bersangkutan. Sehingga pengajuan pinjaman Anda berpotensi besar untuk disetujui.

  • Ajukan pinjaman dana sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar.

Anda harus ingat jika setelah mendapatkan pinjaman akan ada kewajiban membayar cicilan hutang yang menanti. Oleh karena itu, pinjamlah sesuai kebutuhan dan kemampuan bayar. Jangan sampai karena meminjam dana di luar kebutuhan dan kemampuan, membuat Anda mengalami resiko kredit macet. Jika Anda melakukan pinjaman beragunan, bukan tidak mungkin harta benda berharga yang Anda jadikan jaminan bisa disita bank. Belum lagi juga membuat kondisi keuangan Anda semakin tidak sehat. Skor kredit Anda juga bisa terancam buruk dan bisa menyebabkan kesusahan untuk mengajukan pinjaman lagi di kemudian hari.

  • Tentukan tenor pinjaman yang sesuai.

Semakin lama tenor pinjaman yang diambil, maka semakin ringan juga cicilan kreditnya. Namun ini berarti bunga pinjaman yang harus Anda bayarkan menjadi lebih besar. Sebaliknya ketika mengambil tenor pinjaman yang singkat, maka beban bunga yang harus dibayarkan semakin kecil. Namun hal ini membuat angsuran kreditnya semakin besar.

Dengan melakukan tips-tips di atas, untuk mendapatkan pinjaman dari bank akan mudah disetujui. Sehingga keinginan Anda untuk mendapatkan pinjaman uang yang bisa dicicil bisa terlaksana.

Tags: , ,