Menggunakan Lampu Hid Motor

Tips Menggunakan Lampu HID Motor yang Benar

Lampu yang diletakkan pada motor mempunyai peran yang sangat penting yakni sebagai sumber cahaya utama. Terlebih saat dimana kendaraan sedang melaju di malam hari ataupun di suasana yang gelap. Dengan adanya cahaya tersebut berkendara bisa lebih aman nan nyaman.

Namun, ternyata tak sedikit pihak pengguna kendaraan motor mengubah lampu bawaan dari pabrik tersebut dengan lampu lainnya. Seperti contohnya ialah penggunaan lampu HID motor yang menghasilkan sumber cahaya lebih terang dari sebelumnya. Secara pasti kualitas cahaya yang lebih bagus akan lebih unggul dan mendukung tiap-tiap perjalanan nantinya.

Lampu HID ini dikenal dengan nama lampu xenon dimana lampu dengan nama lengkap high intensity discharge ini mempunyai intensitas cahaya yang lebih terang dari lampu-lampu standar lainnya. Dari sekian banyak penggunaannya, lampu HID ini digunakan berdasarkan kualitas cahaya pada satuan kelvinnya.

Maksudnya ialah warna yang dihasilkan HID itu akan berpengaruh pada satuan kelvin yang dimiliki. Dalam artian lampu HID ini memiliki beragam warna yang juga bervariasi pula satuan kelvin tersebut. Salah satu diantaranya dapat Anda pilih sebagai penghasil cahaya pada motor kesayangan.

Penggunaan lampu HID ini memang mendukung karena dapat menciptakan intensitas cahaya yang berkualitas. Akan tetapi, pada pemasangan lampu HID motor ini haruslah pada cara yang tepat.

Agar nantinya dapat berfungsi seperti seharusnya serta sinar cahaya yang dihasilkan tak mengganggu pihak pengendara lain yang berasal dari arah berlawanan ataupun pihak lain di sekitarnya.

Untuk itu, perhatikan pula pada beberapa tips berikut ini untuk penggunaan dari lampu HID tersebut:

Tipe yang tepat dan pada umumnya ialah tipe H4.

Pastikan ketepan atau jenis cahaya yang dihasilkan oleh tipe tersebut. Yang mana pada lampu HID ditentukan pada satuan kelvin.

Ketahui bahwa aliran aki dan listrik pada motor baik-baik saja, saat sebelum dipasang ataupun setelah lampu ini dipasangkan.

Pasang bohlam lampu HID dengan arah ke bawah sehingga tetap menghasilkan cahaya dan tidak menyilaukan pihak lain.

Pilih ballast sebagai kelengkapan pada lampu HID dengan ketentuan yang diberlakukan.

Pastikan bahwa fokus dari lampu tersebut satu arah ke depan agar ke bawah sehingga tidak ke lain arah.

Dari beberapa panduan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemilihan lampu HID harus berdasarkan fungsinya. Selain itu pada pemasangannya pun harus berhati-hati. Bilamana Anda ragu, bisa menyerahkan pemasangan tersebut kepada pihak yang lebih ahli. Sehingga pemasangan lebih tepat dan tidak menimbulkan masalah ataupun salah fungsi.

Sebagai salah satu pecinta motor, peran lampu memang tak bisa dikesampingkan, karena dari penghasil cahaya inilah yang akan membantu saat berkendara di suasana gelap. Sama juga dengan kelancaran dalam berkendara di waktu malam.

Anda dapat memilih lampu HID motor yang tentu saja pada pemilihan sekaligus pemasangannya dalam aturan yang tepat. Sehingga tidak menjadikan masalah untuk pengguna ataupun pihak lain.

Tags: , ,