Hepatitis

Wajib Tau, Ini Yang Perlu Kamu Lakukan Agar Terhindar Dari Hepatitis!

Salah satu vaksin yang menjadi vaksin wajib bagi anak-anak adalah vaksin hepatitis yang diberikan sejak mereka baru lahir dan di usia 6 bulan. Meski begitu, tetap saja ada resiko terkena hepatitis ketika dewasa yang disebabkan karena gaya hidup tak sehat.

Hepatitis sendiri adalah penyakit yang menyerang hati dimana terjadi peradangan dikarenakan virus maupun sebab non virus. Hepatitis menjadi salah satu penyakit musuh utama di dunia dimana angka infeksinya adalah sekitar 1:10. Di Indonesia sendiri banyak penyakit hepatitis yang menjadi kronis dan berkembang menjadi kanker hati.

Untuk bisa menghindari penyakit hepatitis ini, kita perlu mengenal lebih dekat apa sebenarnya penyebab penyakit ini dan bagaimana cara menghindari atau mengobatinya bagi yang sudah terindikasi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus ataupun selain virus. Virus hepatitis bisa menular dari orang dengan penyakit hepatitis ke orang yang sehat melalui berbagai cara misalnya:

● Jarum suntik yang digunakan bergantian.
● Jarum tatto.
● Tindik tubuh.
● Suntikan obat dengan jarum non steril.

Selain itu makan atau minum dari makanan yang mengandung virus hepatitis juga bisa menyebabkan orang sehat dengan imun rendah terinfeksi virus tersebut.

Sedangkan untuk penyebab non virus, umumnya dikarenakan gaya hidup yang dilakukan oleh penderita. Minuman keras beralkohol menjadi penyebab utama penyakit hepatitis non virus. Alkohol yang dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering akan menyebabkan kondisi hati menurun hingga rusak sehingga muncul penyakit hepatitis.

Selain alkohol, kondisi tubuh dengan sistem imun rendah atau juga autoimun dapat menyerang hati sehingga menimbulkan peradangan. Contoh dari kondisi autoimun ini adalah mereka yang memiliki penyakit lupus atau juga HIV.

Dari berbagai penyebab penyakit hepatitis seperti yang disebutkan di atas, ada beberapa jenis orang yang memiliki resiko lebih besar terhadap penyakit ini yaitu:

1. Mereka yang sering menggunakan jarum suntik secara bersamaan seperti pengguna narkoba, penyuka tatto dsb.
2. Penderita HIV dan lupus.
3. Melakukan perilaku yang hubungan secara bebas.
4. Mengkonsumsi obat yang memiliki sifat merusak hati.
5. Menggunakan alat makan berbarengan dengan penderita hepatitis.
6. Petugas kesehatan yang sering berinteraksi dengan penderita hepatitis.
7. Penularan dari ibu hamil ke janin.

Penyakit hepatitis merupakan penyakit yang sulit diidentifikasi karena tak menampakkan gejala di fase awalnya. Umumnya penderita baru akan mengenali bahwa dirinya memiliki penyakit tersebut setelah mengalami fase parah dimana hepatitis sudah menampakkan gejala. Berikut ini adalah beberapa gejala yang umum terjadi pada penderita hepatitis:

● Sering merasa kelelahan.
● Hilang nafsu makan.
● Nyeri lambung.
● Nyeri sendi.
● Kulit dan mata menjadi kuning.
● Gatal di kulit.
● Pendarahan dalam yang ditandai dengan bab hitam.
● Kurang kesadaran hingga koma.

Untuk mengatasi penyakit hepatitis memang sudah ada obatnya, namun untuk menghilangkannya hingga sempurna diperlukan waktu yang lama dan tindakan medis yang tak mudah. Karenanya bagi Anda yang tak ingin berurusan dengan hepatitis, sebaiknya menjaga pola hidup sehat dengan menghindari apa-apa yang bisa menyebabkan tertularnya penyakit tersebut.

Hindari konsumsi alkohol serta setialah dengan pasangan Anda. Selain itu selalu tingkatkan sistem imun dengan berolahraga rutin dan mengkonsumsi makanan serta minuman sehat yang bersih serta higienis. Lakukan check kesehatan secara rutin untuk menghindari berkembangnya penyakit yang sudah ada.

Tags: